Rekrut 40 Persen Anak Daerah, Ini Pesan Kadis Disnakertrans Ke PT IKJ Tambang Pasir Kuarsa


Rekrut 40 Persen Anak Daerah, Ini Pesan Kadis Disnakertrans Ke PT IKJ Tambang Pasir Kuarsa

Kadisnaker Kunjungi Tambang Pasir Kuarsa di Teluk Buton, Rabu (3/5).
Kwarta5.com Natuna,-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Husaini lakukan kunjungan kerja ke lokasi tambang pasir kuarsa di Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna. Rabu (3/5/2023).

Di lokasi tambang pasir kuarsa, Husaini dan rombongan diterima oleh Coki pengawas lapangan dari PT Indoprima Karisma Jaya (IKJ) dan memantau beberapa kegiatan di area tambang.

Kepada pihak IKJ, Husaini menekankan beberapa hal, diantaranya terkait tenaga kerja lokal yang harus menjadi prioritas untuk dapat bekerja dalam kegiatan tambang pasir 

"Saat ini, pihak IKJ telah merekrut 40 persen tenaga lokal putra daerah Natuna dari 75 orang yang bekerja di area tambang pasir kuarsa Teluk Buton," ungkap Husaini.

Husaini menjelaskan, saat ini tenaga kerja lokal masih dalam proses belajar belum ada yang bisa yang sifatnya tehnis. Namun secara berlahan pihak IKJ akan mengajarkan tenaga kerja lokal untuk dapat mengoperasikan beberapa peralatan tambang kedepannya. 

Meski demikian, kata Husaini, para tenaga kerja lokal juga mendapatkan gaji sesuai dengan UMK, dan mendapat hak sebagai tenaga kerja sebuah perusahaan.

"Saya juga meminta kepada pihak IKJ untuk segera melaporkan ke Disnakertrans, data dan jumlah para pekerja mereka yang memang sudah didaftarkan ke BPJS baik kesehatan maupun ketenagakerjaan," ungkapnya.

Saat ini, tambang pasir kuarsa telah beroperasi dan dapat menghasilkan PAD bagi pemerintah kabupaten Natuna. (Ilham)

Lebih baru Lebih lama