Penonton GP Australia Alami Pendarahan Terkena Serpihan Mobil F1


Penonton GP Australia Alami Pendarahan Terkena Serpihan Mobil F1

Pembalap tim Haas Kevin Magnussen memacu mobilnya keluar ke jalur pit selama sesi latihan menjelang GP F1 Australia di Albert Park di Melbourne, Sabtu, 1 April 2023. (AP)
Kwarta5.com Melbourne,- Seorang penonton GP Australia mengalami pendarahan akibat luka di lengannya saat terkena serpihan puing dari mobil Formula 1 (F1) Kevin Magnussen, pada Minggu (2/4/2023).

Hal ini telah menyoroti protokol keselamatan penyelenggara.

Will Sweet mengatakan kepada stasiun radio Australia 3AW, dia sedang berdiri dengan tunangannya di tempat penonton di kawasan bukit yang padat tak jauh dari belokan dua di Sirkuit Albert Park selama balapan hari Minggu. Insiden terjadi ketika mobil F1 milik tim Haas yang dikemudikan pembalap Denmark itu menabrak penghalang sisi trek yang membuat ban dan puing-puingnya beterbangan ke udara.

"Sesuatu mengenai lengan saya dan saya hanya berdiri di sana berdarah," katanya.

"Lengan saya menutupi leher saya, tetapi jika itu mengenai tunangan saya, itu akan mengenai kepalanya”.

"Saya menyadari betapa besar dan beratnya. Sebagian robek dan sangat tajam, jika mengenai saya dari sudut yang berbeda, itu bisa menghebohkan," tambahnya.

Media Australia menerbitkan gambar Sweet memegang puing-puing besar dengan darah menetes di lengan bawahnya dan gambar lainnya menunjukkan dia mendapat perawatan dari petugas medis di trek.

Sweet mengatakan, area tempat dia berdiri penuh sesak, dengan anak-anak kecil di sekitarnya, dan tidak ada petugas lomba yang datang untuk membantunya.

"Bahkan tidak ada yang datang dan melihat," katanya.

"Tunangan saya sangat ketakutan karenanya dan sangat terkejut."

Pada Minggu malam, pengurus Formula Satu memerintahkan pengelola Grand Prix Australia (AGPC) untuk segera membuat "rencana perbaikan" sebagai tanggapan atas kegagalan keamanan dan keselamatan yang memungkinkan penggemar mengakses trek.

Sweet mengatakan puing-puing dari mobil Magnussen telah terbang "langsung ke atas, melewati pagar" dan masuk ke kerumunan.

AGPC tidak segera memberikan komentar.

Pada Grand Prix Australia 2001, seorang pengawas balapan tewas akibat insiden mobil Jacques Villeneuve yang tabrakan dengan pembalap Williams Ralf Schumacher.

Pihak enyelenggara mengatakan sebanyak 131.124 penonton menghadiri GP Australia di Albert Park pada hari Minggu dan rekor total 444.631 penonton sepanjang pekan balapan.

Red/brst

Lebih baru Lebih lama