KPK Usut Keterkaitan Kemenkeu di Korupsi Tukin Kementerian ESDM


KPK Usut Keterkaitan Kemenkeu di Korupsi Tukin Kementerian ESDM

Penyidik KPK dikawal polisi usai melakukan penggeledahan di di Gedung Chairul Saleh Kementrian ESDM, Jakarta, Senin (27/3) malam. Foto: Kwarta5/ int
Kwarta5.com Jakarta,- Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK tengah menggelar penyidikan terkait korupsi tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian ESDM. Kini, KPK akan mengusut dugaan keterkaitan Kementerian Keuangan atau Kemenkeu dalam kasus ini.

"Termasuk apakah juga ada keterkaitan dengan Kementerian Keuangan," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Ali menerangkan, dana tukin bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN. Oleh karena itu, KPK perlu melakukan penelusuran lebih lanjut.

Ali juga memastikan, KPK terus mendalami siapa saja yang terlibat dalam korupsi tukin ini berikut peran mereka. Dalam kasus ini pula, KPK juga telah menggeledah sejumlah lokasi.

"Pasti kan ada kaitannya juga dengan kementerian lain terkait dengan tunjangan kinerja itu," ujar Ali.

Terkait kasus ini, KPK diketahui menggeledah kantor Kementerian ESDM di Jakarta Pusat serta kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (27/3).

Ali Fikri membenarkan adanya penggeledahan di kantor Kementerian ESDM. Ali mengatakan, penggeledahan ini terkait penyidikan dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

"Terkait kegiatan penyidikan baru oleh KPK atas dugaan korupsi di Kementerian ESDM," kata Ali dalam keterangannya, Senin (27/3).

Dalam proses penganganan perkara yang dilakukan KPK, peningkatan status perkara ke tahap penyidikan diiringi dengan penetapan tersangka. Namun, Ali belum dapat menyampaikan identitas pihak yang ditetapkan sebagai tersangka serta kontruksi perkara dugaan korupsi tersebut.

Red/brst


Lebih baru Lebih lama