Tambah 3 Unit Posyandu Keliling Di Tahun 2023 Ini Kata Diskes Natuna


Tambah 3 Unit Posyandu Keliling Di Tahun 2023 Ini Kata Diskes Natuna

Kadinkes Natuna Hikmat Aliansyah, Kamis (9/2) Foto: Kwarta5/ Ilham 
Kwarta5.com Natuna,-Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna akan menambah armada kapal cepat untuk pelayanan Posyandu Keliling. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Natuna, Hikmat Aliansyah menjelaskan Posyandu Keliling dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di pulau-pulau yang jauh dari ibu kota kecamatan maupun kabupaten. 

"Posyandu Keliling itu untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pulau-pulau yang terpisah dari induk. Seperti kalau di Pulau Tiga kan ada desa Sededap, jika warga di sana membutuhkan pelayanan kesehatan dapat menggunakan Posyandu Keliling ini, usai mengikuti rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Desa Pian Tengah, Kamis (9/2/2023). 

Disamping itu, Posyandu Keliling juga diperuntukkan untuk rujukan, misalnya warga yang membutuhkan pelayanan medis yang bersifat urgent dapat menggunakan Posyandu Keliling untuk dirujuk ke Posyandu yang ada di Kecamatan maupun ke RSUD yang ada di pusat Kabupaten Natuna. 

"Untuk menggunakan Posyandu Keliling ini masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya karena biaya operasional nya itu ditanggung BPJS," ujarnya. 

Untuk pengadaan Posyandu Keliling ini Dinkes Natuna menggunakan dana dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan anggaran Rp 8,4 Miliar. 

"Jadi pengadaan Posyandu Keliling di tahun ini ada 3 unit kapal cepat dengan mesin tempel di belakangnya, 1 unitnya senilai Rp 2,8 Miliar," jelas Hikmat. 

Ketiga unit Posyandu Keliling itu nantinya akan ditempatkan di Subi, Midai dan Pulau Tiga. 

Hikmat menceritakan, untuk pengadaan Posyandu Keliling awalnya Kemenkes hanya memberikan Rp 900 juta. Namun dengan biaya itu maka hanya dapat mengadakan kapal motor atau pompong dan tentunya tidak efisien untuk pelayanan masyarakat. 

"Maka kita pakai fery dengan mesin tempel di belakangnya dengan anggaran Rp 2,8 miliar," ujar Hikmat. 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita akan lelang perencanaan dilanjutkan jenjang fisik dan pengawasan," tutupnya. 

Dengan adanya penambahan 3 unit Posyandu Keliling ini maka Kabupaten Natuna memiliki 6 unit Posyandu Keliling yang tersebar di Pulau Laut 1 unit, Serasan Timur merangkap Serasan 1 unit, Sedanau 1 unit. Posyandu Keliling yang baru ditempatkan di Midai 1 unit, Subi 1 unit dan Pulau Tiga 1 unit.

(Ilham)

Lebih baru Lebih lama