Seminar Pengelolaan BUMDes di Karimun Bersama LPPM UNIBA


Seminar Pengelolaan BUMDes di Karimun Bersama LPPM UNIBA

 Seminar Pengelolaan BUMDes oleh LPPM UNIBA, Di Ballroom Hotel Aston Karimun, Selasa (21/0). Foto Sajirun s.
Kwarta5.com Karimun,- Seminar Nasional Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Pengembangan Pengelolaan BUMDes yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Batam (UNIBA), Kepulauan Riau,  secara resmi di buka oleh bupati karimun Aunur rapiq di Ballroom Hotel Aston, Jl. Pertambangan, Tanjung Balai Karimun, Selasa (21/02/2023).

 Dalam sambutanya Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Mahasiswa, terkhusus untuk Program Magister Universitas Batam atas dilaksanakannya kegiatan seminar tersebut. Beliau  berharap program yang dilaksanakan ini dapat dijadikan pembelajaran dalam pengelolaan BUMDes di Karimun agar kedepannya lebih baik lagi.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Mahasiswa Program Magister Universitas Batam atas dilaksanakannya kegiatan seminar ini. Mudah-mudahan program yang dilaksanakan ini dapat dijadikan pembelajaran dalam pengelolaan BUMDes di Karimun agar kedepannya lebih baik lagi,” ujar Aunur Rafiq.

“Program ini mungkin baru pertama kali untuk Karimun yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa Pascasarjana secara langsung, offline dan online dan ini sungguh luar biasa. Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan seminar ini, para pengelola dapat menambah pengetahuan mereka tentang bagaimana pengelolaan BUMDes dan sistem manajemennya,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa seminar tersebut dilakukan sejalan dengan penerimaan penghargaan tingkat nasional yang diberikan kepada salah satu BUMDes di Kabupaten Karimun.

“Alhamdulillah salah satu BUMDes di Karimun yakni Lancang Amanah Kecamatan Kundur Barat, mendapatkan Penghargaan BUMDesma Inspiratif Tingkat Nasional beberapa waktu yang lalu. Untuk itu disejalankan kegiatan seminar ini agar BUMDes lainnya dapat belajar, semakin maju dan berkembang lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Azman, S.KM., mengatakan seminar tersebut, bertujuan untuk pengembangan pengetahuan dan informasi mahasiswa di bidang pengelolaan BUMDes serta memberikan kontribusi dan manfaat kepada masyarakat pada umumnya dan kepada pemerintah pada khususnya.

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 250 orang, peserta offline berjumlah 100 orang dan online sebanyak 150 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BUMDes, Mahasiswa dan peserta umum. Sedangkan untuk pembiayaan kegiatan ini didanai oleh Mahasiswa dan pihak sponsor ship,” ujar Azman.

Azman berharap, dengan terselenggaranya kegiatan seminar ini maka akan ada kesepahaman pemikiran dan pendapat dalam pengembangan pengelolaan BUMDes.

“Mudah-mudahan akan ada peningkatan kompetisi Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan BUMDes,” pungkasnya.

Seminar ini dilakukan dengan metode tatap muka dan daring dengan narasumber, pertama Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri, PROF. DR. Fernandes Simangunsong, S. STP, S.AP, M.SI. Kedua Analis Kebijakan Ahli Madya Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI., Nasirudin, A.KS, MM.,dan yang ketiga, Bupati Karimun DR. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si.  sajirun s.

Lebih baru Lebih lama