Ligue 1: Mbappe 2 Kali Gagal Penalti, PSG Tetap Taklukkan Montpellier


Ligue 1: Mbappe 2 Kali Gagal Penalti, PSG Tetap Taklukkan Montpellier

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi (kiri) berupaya melewati adangan gelandang Montpellier Joris Chotard. (Foto: AFP)
Kwarta5.com Paris,- Paris Saint-Germain mantap bertengger di puncak klasemen Ligue 1 atau Liga Prancis setelah memetik kemenangan 3-1 di kandang Montpellier, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB. Pertandingan ini juga diwarnai dua penalti Kylian Mbappe yang gagal menghasilkan gol.

Kemenangan ke-16 ini mengantar Kylian Mbappe dan kawan-kawan kukuh sebagai pemuncak klasemen Ligue 1 dengan 51 poin. Mereka unggul empat poin atas penghuni posisi kedua, Marseille. Sedangkan posisi ketiga ditempati Lens dengan 45 poin dan keempat diisi AS Monaco dengan 41 poin.

Sementara kekalahan ke-13 kalinya ini membuat Montpellier masih terpuruk di posisi ke-14 dengan 20 poin atau hanya unggul dua poin dari tim teratas zona degradasi Ajaccio.

PSG seperti biasa memulai pertandingan dengan mengambil inisiatif menyerang. Upaya mereka nyaris membuahkan hasil dengan mendapat hadiah penalti saat pertandingan baru berlangsung tujuh.

Wasit menunjuk titik putih setelah Christopher Jullien menarik kaus bek PSG Sergio Ramos. Namun Kylian Mbappe yang menjadi algojo gagal menuntaskan tugasnya. Tendangan pemain yang dua kali membawa Prancis melaju ke final Piala DUnia ini diblok kiper Benjamin Lecomte.

Wasit Jeremie Pignard kemudian melihat VAR untuk memastikan penalti ini dan dia berkeputusan penalti diulang. Namun tendangan kedua Kylian Mbappe juga kembali gagal menghasilkan gol karena kiper Benjamin Lecomte berhasil membloknya. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada menit ke-35, bek Boubakar Kouyate sebenarnya membobol gawang PSG. Namun wasit menganulirnya setelah kembali meminta pertimbangan VAR yang menunjukkan Kouyate offside.

Pada menit ke-52, PSG juga menjebol gawang lawannya melalui aksi Achraf Hakimi. Namun wasit kembali membatalkan gol ini setelah melihat VAR yang menunjukkan Hakimi tertangkap offside sebelum melesakkan bola ke gawang.

PSG akhirnya mengakhiri kebuntuan saat babak kedua berlangsung 10 menit. Fabian Ruiz membawa timnya unggul 1-0 setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Montpellier. Pemain asal Spanyol ini melepaskan tendangan bola sodoran Hugo Ekitike.

Tim tamu yang mengenakan seragam putih-putih dalam partai ini menambah keunggulan menit ke-72. Kali ini gol dilesakkan Lionel Messi usai memanfaatkan assist Fabian Riuz. Ini menjadi gol kesembilan kapten Timnas Argentina itu pada kompetisi Ligue 1 musim ini.

Montpellier sempat mempertipis ketinggalan melalui gol A. Nordin yang memanfaatkan umpan S. Mavididi pada menit ke-89. Namun PSG memantapkan kemenangan dengan gol ketiga yang dicetak pemain pengganti Warren Zaire Emery setelah mendapatkan umpan Hakimi.

Kwarta5/Berita Satu

Lebih baru Lebih lama