Pemkab Karimun dan BPKP RI Gelar Workshop Evaluasi Keuangan Desa


Pemkab Karimun dan BPKP RI Gelar Workshop Evaluasi Keuangan Desa

H.Aunur Rafiq S.sos Msi membuka secara resmi Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Kabupaten Karimun Tahun 2022.
Foto Sz 
Kwarta5.com Karimun,- Bupati Karimun  H.Aunur Rafiq S.sos Msi membuka secara resmi Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Kabupaten Karimun Tahun 2022, yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun di Gedung Nasional. Rabu (7/12/2022).

Aunur rapiq menyambut baik workshop yang diberikan kepada perangkat desa tersebut. Dirinya berharap workshop ini dapat memberikan pemahaman, penyegaraan yang tentunya akan menambah semangat dalam pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa ini menjadi perhatian baik bagi masyarakat, pihak pengawasan internal maupun pengawasan eksternal.

"Kami ucapkan terima kasih atas workshop yang diberikan kepada para Camat, Kepala Desa, BPD, Staff PMD dan Tim ahli Pendamping Desa se Kabupaten Karimun ini, mudah-mudahan bimbingan dan arahan yang disampaikan dalam workshop ini menjad ilmu yang berarti khusunya bagi Kepala Desa tentang bagaimana pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik," Ujar Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga menyampaikan, bahwa capaian penggunaan dana desa di Kabupaten Karimun telah mencapai 91 persen, hal ini karena ada satu desa yang Kepala Desanya meninggal dunia, sedang berproses untuk proses-proses pencairan dan dapat dipastikan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 mendatang bisa mencapai 99 persen seluruhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga sebagai Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah,  Jumadi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 172 orang peserta yang berasal dari 42 desa mulai dari Kepala Desa, BPD, Staf PMD dan Tim Ahli Pendamping Desa.

"Kegiatan ini mengusung tema, pengelolaan dana Desa yang cepat, tepat dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi covid 19. Jumlah peserta sebanyak 172 orang peserta yang berasal dari 42 Desa se Kabupaten Karimun," Ujar Jumadi.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara Zoom dengan narasumber oleh Bapak Ihram, SH, MM selaku Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa, Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang menyampaikan tentang pengelolaan keuangan desa dalam masa pandemi covid 19 dan pemulihan ekonomi desa, narasumber kedua yaitu ibu Kartika Chandra, SE. Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kantor Wilayah DJPB Provinsi Kepulauan Riau yang menyampaikan  tentang mekanisme penyaluran dan pertanggungjawaban dana desa, serta narasumber ketiga adalah bapak Wawan Yulianto, Ak., M.M., CA., CRMP, CGCAE, CIAE.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau yang menyampaikan tentang pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan di Desa dapat berjalan dengan baik,

sajirun s.

Lebih baru Lebih lama