Bupati Karimun Buka Muskab HKTI, Yusuf Sirat Terpilih Menjadi Ketua HKTI Kabupaten Karimun


Bupati Karimun Buka Muskab HKTI, Yusuf Sirat Terpilih Menjadi Ketua HKTI Kabupaten Karimun

Kwarta5.com Karimun,- Yusuf Sirat  yang juga sehari harinya kwtua DPRD Karimun diamanahkan memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Karimun periode 2022-2027.

Penunjukkan M Yusuf Sirat yang juga Ketua DPRD Karimun ini, sesuai hasil Musyawarah Cabang HKTI Kabupaten Karimun, Rabu (19/10/2022) di Pondok Dang Merdu, Kecamatan Tebing.

Muscab HKTI Kabupaten Karimun dibuka Bupati Aunur Rafiq, dan diikuti petani dan nelayan perwakilan dari 14 kecamatan.

Tampak hadir juga Ketua DPD HKTI Kepulauan Riau, serta Forkopimda Kabupaten Karimun.

Bupati menegaskan sangat penting adanya musyawarah untuk membahas berbagai persoalan terkait pertanian. Mengingat, pertanian merupakan mata pencaharian kedua di Kabupaten Karimun setelah nelayan.

“Di Provinsi Kepulauan Riau, jumlah kelompok tani terbesar adalah Kabupaten Karimun yakni sebanyak 422 kelompok. Tapi untuk Kabupaten Karimun, kelompok petani merupakan terbanyak kedua setelah nelayan,” ujar Bupati.

Oleh karena itu, kata Bupati, petani di Kabupaten Karimun harus mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Sehingga ke depan, petani bisa menjadi lebih baik dan jaya.

“Mudah-mudahan HKTI menjadi lebih baik, dan petani menjadi jaya. Bersama-sama kita membangun untuk ke depannya,” ajak Bupati Rafiq.

Sementara Ketua HKTI Kabupaten Karimun terpilih M Yusuf Sirat menegaskan, peranan HKTI Kabupaten Karimun harus dapat dirasakan manfaatnya oleh petani.

“HKTI adalah wadah untuk menampung aspirasi para petani. Untuk itu, saya mau pengurus HKTI ke depan mempunyai wujud dan rohnya. Sehingga kehadiran HKTI dapat dirasakan manfaatnya oleh semua petani,” tutur Yusuf Sirat.

Disisi lain, Yusuf Sirat meminta petani lebih fokus pada satu tanaman unggulan. Dimana hasil panen pertanian sudah disediakan penampung yang ditunjuk. Sehingga kemakmuran petani dapat tercapai,” ujar Yusuf Sirat.

 Mengenai program kerja, Yusuf Sirat menegaskan, segera membentuk kepengurusan HKTI di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun. Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama