Apresiasi BEI dalam Sinergi dan Kolaborasi Pasar Modal untuk Negeri


Apresiasi BEI dalam Sinergi dan Kolaborasi Pasar Modal untuk Negeri

Kwarta5.com Jakarta,-  Semakin pulihnya perekonomian nasional yang tercermin dari tren pertumbuhan pasar modal Indonesia disepanjang tahun ini dan dukungan seluruh stakeholder pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan apresiasi kepada berbagai pihak, khususnya Anggota Bursa (AB)dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Rabu (15/12),

BEI menyelenggarakan acara Sinergi dan Kolaborasi Pasar Modal untuk Negeri yang merupakan rangkaian peluncuran pesan edukasi pasar modal:Paham,Punya,dan Pantau, kemudian peluncuran Invest Hub di situs web BEIwww.idx.co.id, Pengumuman Pemenang GI-A-Thon Full Period, serta Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI Terbaik 2021. Acara ini dihadiri oleh jajaran Manajemen Self-Regulatory Organization (SRO),AB, Pengelola GIBEI,dan Wartawan Pasar Modal.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menyampaikan bahwa kemajuan teknologi dan informasi sangat berperan terhadap perkembangan pasar modal Indonesia.Dengan adanya kemajuan teknologi sekaligus informasi, peningkatan kesadaran, literasi dan inklusi pasar modal kepada masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah,murah serta transparan bahkan kredibel.

Berdasarkan data BEI dari Januari sampai November 2021, dari sisi edukasi, terdapat 6.571 aktivitas edukasi yang telah dijalankan,dengan jumlah peserta lebih dari satu juta orang.

“Dari total tersebut,88persen atau sekitar 5.000 aktivitas edukasi memanfaatkan sarana digital dengan jumlah peserta lebihdari950ribuorang,” ujar Inarno.

Data KSEI per10 Desember 2021 mencatat sepanjang tahun ini jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 7.279.980 single investor identification (SID) atau tumbuh 87,59 persen dibandingkan pencapaian di akhir tahun 2020 sebesar 3.880.753 SID. Sedangkan jumlah investor saham telah mencapai 3.375.221 SIData unaik 99,09 persen dari jumlah 1.695.268 SID pada akhir tahun lalu.

Paham,Punya,dan Pantau

Pada kesempatan yang sama, BEI mengenalkan pesan edukasi pasar modal. "Paham, Punya, dan Pantau” untuk mengedukasi masyarakat secara luas tentang cara investasi yang benar. Pesan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat tentang cara investasi yang benar seiring dengan peningkatan signifikan dari jumlah investor baru pasar modal Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pesan Paham, Punya, dan Pantau .

 “Paham dalam berinvestasi itu harus menggunakan dana lebih, paham kesesuaian profil risiko produk investasi dengan profil risiko dari masing-masing investor,dan paham tujuan investasinya,” ujar Hasan.

(Ril)

Lebih baru Lebih lama