Wujudkan Kesadaran Kolektif Penerapan Prokes, Peranan Jurnalis dan Tokoh Masyarakat Sangat Penting


Wujudkan Kesadaran Kolektif Penerapan Prokes, Peranan Jurnalis dan Tokoh Masyarakat Sangat Penting

Kwarta5.com Batam,-Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad berharap kelompok masyarakat terus bahu membahu bersama pemerintah memasifkan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Harapan tersebut juga ditujukan kepada para jurnalis. Tulisan di media diyakini mampu memasalkan sosialisasi prokes.

"Saya berharap adik-adik media bantu kami, gencarkan lagi publikasi prokes," harap Amsakar saat sesi wawancara usai rapat koordinasi virtual perihal penanganan Covid-19 di Kantor Wali Kota Batam, Senin (3/5/2021) siang.

Amsakar menyadari sejak pandemi ini mencuat, kehadiran media sebagai corong informasi masyarakat dan medium sosialisasi sangat dirasakan manfaatnya.

Menurutnya, peranan kelompok memiliki andil penting membentuk kesadaran kolektif. Di hadapan para pewarta, ia mengungkapkan salah satu momen memasifkan kesadaran kolektif pentingnya prokes yakni melalui Safari Ramadan.

"Di safari itu, ada perwakilan RTRW, para tokoh dan perwakilan masyarakat. Mereka ini kami harap menjadi perpanjangan lisan pemerintah menyampaikan prokes ke masyarakat yang lebih luas," imbuhnya.

Malamnya, Amsakar menggelar Safari Ramadan di wilayah Batu Selicin, Lubuk Baja. Pada kegiatan tersebut, benar saja, ia mengingatkan masyarakat kembali meningkatkan penerapan prokes. Berkaca pada kejadian di India, hendaknya cukup jadi pelajaran bagi masyarakat Batam agar menyadari pentingnya penerapan prokes.

"Kehadiran kami, salah satunya ingin memastikan penerapan prokes di laksanakan. Alhamdulillah  Masjid Al Anshor menerapkan prokes tersebut dengan baik," ucap Amsakar sebelum berbuka puasa di masjid yang berlokasi di Komplek Happy Garden, Lubuk Baja ini.

Sosialisasi serupa juga ia sampaikan saat menyambangi Musala Al Ihsan Batu Selicin Lubukbaja.

Amsakar menyampaikan harapan, perwakilan jamaah yang hadir dapat meneruskan ke masyarakat lain agar sama-sama menerapkan prokes dalam akivitas sehari-hari.

"Semua kita harus mewaspadai sebaran virus ini," ucap dia.

Ia juga mengabarkan perihal rapat koordinasi di Kantor Walikota. Hasil rapat tersebut di antaranya adalah mengintesifkan kembali pengawasan dan penindakan pelanggar prokes.

"Tim kembali turun. Kita ketahui bersama, beberapa waktu terakhir angka covid naik," imbuhnya.

(Ril)

Lebih baru Lebih lama