Kemenparekraf RI, DPR RI Dan Dispopar Enrekang Bimtek Penggiat Kopi Wisata

Kemenparekraf RI, DPR RI Dan Dispopar Enrekang Bimtek Penggiat Kopi Wisata

Kwarta5.com Enrekang,-Dinas pariwisata, pemuda dan olahraga (Dispopar) Enrekang melaksanakan bimbingan teknis pemasaran bagi penggiat usaha wisata daerah setempat. 

Bintek pemasaran wisata, pemateri dari Direktorat kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif deputi Bidang Pemasaran,dan anggota DPR RI komisi X Mitra MB dan Kadispopar Dadang Sumarna,MPd. 

Diterangkan Kadispopar Enrekang Dadang Sumarna,  Dinas pariwisata mendapat kesempatan berharga untuk mengaangkat destinasi wisata lokal serta didampingi anggota DPR RI komisi X.

"Tim Kemenparekraf RI berkat fasilitasi anggota DPR RI bapak Mitra Fakhrudin MB menambah wawasan para penggiat usaha wisata membantu gerak ekonomi lokal di masa pandemi Covid-19,"ujar Dadang Sumarna membuka acara mewakili bupati Muslimim Bando.(23/11)

Dikatakannya, rasa bangga akan kepedulian anggota DPR RI dan keberadaan komunitas penggiat kopi yang bertekad memajukan komunitas melalui ekonomi kreatif penggiat kopi Enrekang. 

"Dimasa pandemi keluhan dan ke kakhawatiran pasar kopi terdampak lesunya ekonomi dunia tapi justru ada solusi dari Kemenparekraf RI,

pemda Enrekang/ Bappeda ini  bentuk perhatian sangat tinggi nilainya, "aku Dadang Sumarna, MPd. 

Deputi kementerian ekonomi kreatif diwakili Feriyandi katakan,  tujuan bimtek memberi edukasi generasi muda dan penggiat wisata Enrekang produktif membangun ekonomi kreatif ditengah pandemi.

Dari para penggiat wisata terutama mengeksplor keunggulan komoditi kopi menjadi primadona dalam membangun story teling di sektor keunggulan produksi wisata.

"Melalui ekonomi kreatif mengolah potensi lokal Kopi, sangat prospek dan akan mensupport komunitas penggiat kopi di Enrekang,"janji Feriyandi. 

Anggota DPR RI Mitra Fakhrudin MB putra terbaik Enrekang mengajak generasi bangsa kreatif dan berfikiran maju agar berkontribusi menggerakkan ekonomi bagi kemajuan bangsa. 

“Generasi yang kreatif  mampu menjawab segala tantangan, bukan generaasi lihai mencaci maki tapi  kita mau generasi yang maju generasi punya visi dan punya harapan kedepan, bukan generasi yang jadi beban negara,”kata Mitra MB. 

Kata Mitra MB,  hadirnya bimtek dari Kemenparekraf RI sebuah peluang bagi generasi muda meningkatkan potensi pasar sektor ekonomi kreatif, dan UKM meningkatkan kemampuan SDM nya

“Olehnya itu,kesempatan baik  melalui daya kreatif kita, saling bergandeng tangan memajukan daerah kita, bisa dari sektor pariwisata serta pemasaran komoditi unggulan yaitu kopi,”paparnya. 

Masih Mitra, bimtek ini dapat memberi trik dalam pengolahan dan pemasaran kopi Enrekang lebih dikenal serta menjadi nilai tambah dari sektor ekonomi kreatif menambah pendapatan.

"Hasil bimtek akan menambah ketetampilan dan kita harap ditampilkan pada Festival kopi Internasional yang akan digelar di kabupaten Enrekang tahun depan",jelas Mitra MB. 

Acara bimtek di villa Bambapuang Anggeraja,  ditandai tukar cendera mata dan diikuti 100 peserta dari komunitas penggiat kopi di Enrekang dapat uang transport 200 ribu per kepala.


 (liq)

Lebih baru Lebih lama