Kapolda Kepri Irjen Didit Widjanardi Kunker Ke Lamtamal IV TPI

Kwarta5.com Batam - Wujud sinergitas TNI dan Polri, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Drs H. Didit Widjanardi, S.H., melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi ke Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjugpinang, Kamis (1/2/2018).

Kunjungan tersebut disambut Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri.

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., memperkenalkan pejabat teras yang berada di Lantamal IV selanjutnya menayampaikan tugas pokok Lantamal IV, sebagai penyelenggara dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL.

Selanjutnya pembina potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di bidang maritime, pembinaan territorial matra laut serta tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Kasal.

Melaksanakan operasi keamanan laut tingkat satuan tugas di wilayah kerjanya dan meningkatkan daya guna dan hasil guna unsur-unsur secara optimal dalam pelaksanaan operasi keamanan laut.

Danlantamal IV menyampaikan penekanan yang disampaikan Kapolri dan Panglima TNI pada Rapim TNI/Polri tentang bentuk-bentuk sinergi TNI-Polri yang harus dilaksanakan di lapangan yaitu pelaksanaan Komando dan Pengendalian (Kodal) yang jelas di masing-masing Satuan.

Koordinasi ketat antar satuan, patroli bersama, panggung hiburan bersama, melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing, sosialisasi dan penyuluhan bersama ke masyarakat tentang pengamanan, prosesdur dan mekanisme mengatasi permasalahan dan keteladanan komandan satuan TNI/Polri.

TanjungpinangDanlantmal IV berharap setelah silaturahmi ini akan terjalin hubungan yang harmonis dan sinergis antara Lantamal IV dan beserta jajarannya dan Polda Kepri berserta jajaran di wilayah Kepri.

Sementara itu Kapolda Kepri Irjen Pol Drs H. Didit Widjanardi, S.H., mengatakan, bahwa TNI AL khususnya perwira adalah penyidik yang paling utama untuk melakukan penyidikan tindak tertentu di laut sesuai amanat undang-undang.

Untuk itu tugas TNI AL terutama Lantamal IV sangatlah berat dalam mengamankan wilayah kerjanya. Begitu banyak tindak pidana yang terjadi di atas kapal diantarnya perikanan. surat ijin berlayar, alat tangkap, dan fishing ground.

Senada dengan Danlantamal IV, Kapolda Kepri juga mengatakan keutuhan TNI–Polri adalah sesuatu yang sangat berharga, semoga silaturahmi ini akan semakin mempererat sinergitas antara TNI-Polri khususnya Polda Kepri dengan Lantamal IV

Kapolda Kepri di damping Danlantamal IV dalam kesempatan tersebut berkesempatan melihat beberapa ruangan yang berada di Mako Lantamal IV diantaranya Ruang Tunggu VIP yang dilengkapi dengan teropong yang dapat memantau keberadaan kapal yang berada di sekitar dermaga.

Serta foto-foto mantan pejabat Danlantamal IV serta kegiatan Lantamal IV, dan Ruang Kendali Utama (RKU) yang dilengkapi dengan monitor untuk menampilkan data-data bidang operasi, intelijen dan logistik untuk mendukung kegiatan operasi.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda Kepri di dampingi Para Pejabat Utama Polda Kepri dan Ketua serta pengurus Bhayangkari Polda Kepri.

Kegiatan dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Asisten Danlantaml IV, Wakabin Rumkital Dr. Midiyato, Suratani, Danwing Udara 2, Kafasharkan Mentigi, Danlanudal TPI, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Wakil Ketua dan Pengurus Korcab IV DJAB.

(Rls/Penlantamal IV).


Powered by Blogger.