Bukti Panggabean : Info Pemadaman Listrik Bergilir Selama 4 hari Berturut Hoax


Bukti Panggabean : Info Pemadaman Listrik Bergilir Selama 4 hari Berturut Hoax

Manager of Public Relation, Bukti Panggabean
Kwarta5.com Batam - Sistem Kelistrikan di Batam Aman Belakangan ini tersebar informasi atau berita bahwa akan ada pemadaman bergilir selama empat hari di Batam. bright PLN Batam melalui Manager of Public Relation, Bukti Panggabean mengatakan bahwa informasi mengenai pemadaman bergilir selama empat hari di Batam adalah hoax (palsu).

“Hingga saat ini, secara umum pasokan listrik untuk Batam sangat aman dan tidak ada kendala termasuk untuk kesiapan system di Desember 2017 ini bahwa PLN Batam sudah mempersiapkan system dan pembangkit, kecuali hal-hal diluar kendali kita” papar Bukti.
Secara umum listrik padam dapat disebabkan karena dua hal, yaitu pemadaman yang terencana dan pemadaman tidak tercana.

“Pemadaman Terencana adalah pemadaman yang diakibatkan adanya kegiatan yang telah direncanakan oleh PLN yang mengharuskan terhentinya aliran listrik PLN ke Pelanggan. Adapun pekerjaan ini dilakukan dalam rangka penambahan peralatan jaringan akibat pertumbuhan perumahan dan industri yang meningkat setiap tahunnya dan juga melaksanakan maintenance (pemeliharaan) terhadap  kurang lebih 1200 gardu listrik PLN Batam yang tersebar diseluruh wilayah kerja, Dengan pelaksanaan maintenance dan ditambahnya jaringan ini keandalan listrik lebih terjaga dan beban terpecah sehingga mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload”, lanjut Bukti menjelaskan.

Pemadaman terencana juga dilakukan untuk Pemeliharaan (Preventive maintenance) pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

 Tujuan pemeliharaan ini adalah untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

Selain pekerjaan yang bersifat teknis ada juga pekerjaan pemeliharaan, seperti pemangkasan pohon didekat jaringan dan pembersihan gardu yang juga mengharuskan dilakukan pemadaman demi keamanan pekerjaan dan petugas PLN. Informasi pemadaman karena pekerjaan pemeliharaan selalu dipublikasikan melalui media sosial, (Facebook dan Twitter), media cetak (Koran), media sesuai dengan Standar Mutu Pelayanan dan Standar Operating Procedure bright PLN Batam.

Kemudian yang kedua adalah pemadaman tidak terencana merupakan pemadaman akibat terjadinya gangguan yang tidak direncanakan. “Hal ini bisa disebabkan akibat terganggunya suatu unit pembangkit, transmisi 150 KV atau jaringan 20 KV, seperti gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator pembangkit. Gangguan akibat petir, hujan lebat yang mengakibatkan pohon tumbang, jaringan bawah tanah terkena garukan beko.Jika terjadi gangguan seperti ini petugas juga tidak bisa langsung melakukan perbaikan pada mesin atau jaringan karena harus memadamkan wilayah yang terkena gangguan agar petugas selamat dan dampaknya tidak meluas, kemudian dicari sumber kerusakan dan baru diperbaiki”,  Tutup Bukti Panggabean.

Lebih baru Lebih lama