KRI Torani 860 dan KRI Lepu 861 Diresmikan Kasal Hari ini


Kwarta5.com Batam - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi kembali resmikan dua kapal Patroli di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kamis (30/3/2017).

KRI Torani 860 dan KRI Lepu 861 adalah dua kapal perang produk dalam negeri yang diresmikan oleh Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi sebagai kapal patroli yang ke 19.

Kapal perang  yang memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter, lebar 7,9 meter, dan kecepatan maksimal 24 knot dengan kecepatan jelajah 15 knot ini juga didukung 2 buah mesin diesel MTU yang masing-masing berkekuatan 2480HP, dan dilengkapi Mission Management System. Dimana bila suatu waktu diperlukan kanon RCWS (Remote Control Weapon System) dengan mudah dapat dipasang.

Kapal patroli cepat (PC-40) ini juga dilengkapi senjata meriam kaliber 30 mm otomelara pada haluannya dan dua pucuk Senapan Mesin Berat (SMB) kaliber 12,7 mm diburitannya.

Diresmikannya kedua kapal ini bertujuan untuk memperkuat sistem pertahanan TNI AL di wilayah Komando Armada Rl Kawasan Barat (Koarmabar).

Usai peresmian, Kasal mengatakan pada media bahwa Selat Malaka adalah titik fokus kapal akan berpatroli, sebab selat Malaka sangat rawan dengan tindak kejahatan.

"Kedua kapal ini nantinya akan berkonsentrasi patroli di Selat Malaka, sebab saat ini selat Malaka sangat rawan dengan tindak kejahatan, baik itu Narkoba, TKI gelap maupun kejahatan lainnya." kata Kasal.

Kasal menambahkan, selain berkonsentrasi diperbatasan Selat Malaka, kedua kapal cepat tersebut juga akan melakukan patrolinya ke perbatasan Natuna dan Laut Cina Selatan.(sy)
Powered by Blogger.